Beranda | Artikel
Dahsyatnya Pengaruh Dosa dan Maksiat - Khutbah Jumat (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)
Jumat, 8 Januari 2016

Khutbah Jumat oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

[sc:konten-alamat-masjid-al-barkah]

Ringkasan Khutbah Jumat: Dahsyatnya Pengaruh Dosa dan Maksiat

Sesungguhnya dosa memberikan pengaruh yang sangat buruk dalam kehidupan manusia. Pengaruh dosa mencabut keberkahan dalam kehidupan seorang hamba. Dosa pun menyebabkan seorang hamba tidak mengagungkan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Dosa pun memberikan pengaruh yang buruk kepada kehidupan binatang, tanaman, terhadap bebatuan dan yang lainnya. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُم بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

“Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).” (QS Ar-Rum [30]: 41)

Ketika menafsirkan ayat ini, Ibnu Abbas berkata:

“Yaitu disebabkan oleh dosa-dosa mereka (manusia)”

Dari ayat ini kita bisa mengetahi bahwa dosa-dosa itu menyakiti pepohonan, menyakiti bebatuan, dan yang lainnya. Tidaklah kita lihat hajar aswad yang dijelaskan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa hajar aswad adalah batu dari surga yang awalnya berwarna putih, namun kemudian dihitamkan oleh dosa-dosa anak Adam.

Oleh karena itu, para pendosa (orang-orang yang melakukan banyak dosa) ketika meninggal tidaklah ditangisi oleh langit. Allah berfirman:

فَمَا بَكَتْ عَلَيْهِمُ السَّمَاء وَالْأَرْضُ وَمَا كَانُوا مُنظَرِينَ

“Maka langit dan bumi tidaklah menangisi mereka dan merekapun tidak diberi tangguh.” (QS Ad-Dukhan [44]: 29)

Silakan simak penjelasan selengkapnya dari khutbah Jumat yang singkat namun bermanfaat ini dengan mendownloadnya sekarang juga. Semoga Bermanfaat.

Dengarkan dan Download Khutbah Jumat Masjid Al-Barkah: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Jangan lupa untuk ikut membagikan link download khutbah Jum’at ini, kepada saudara Muslimin kita baik itu melalui Facebook, Twitter, atau Google+ Anda. Semoga Allah membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/18158-dahsyatnya-pengaruh-dosa-dan-maksiat-khutbah-jumat-ustadz-abu-yahya-badrusalam-lc/